Parade Film MMTC Kelima Kembali di Gelar, Event Apresiasi Film Alternatif MMTC

Dokumentasi PARFIM #4 Arsip FFM 

Yogyakarta. Parade Film MMTC kembali digelar tahun ini selama 3 hari di STMM MMTC Yogyakarta, mulai Jumat 11 Mei 2018 sampai dengan 13 Mei 2018 mendatang. Forum film MMTC sebagai penyelenggara mengangkat tema pada Parade Film disingkat PARFIM tahun ini dengan tema manunggal kawulaning sinema. Yaitu yang artinya bersatu lebur dengan sinema, yang berarti mengangkat tema persatuan dan melebur bersama karya sinematografi dari para pembuat film. Ravien (20) sebagai ketua parade film tahun ini mengungkapkan, kegiatan ini sebagai ajang apresiasi terhadap karya-karya film alternatif dari film maker jogja sendiri maupun dari seluruh Indonesia. Program yang diselenggarakan diantaranya adalah screening (penayangan) film dengan melalui open submission (pengumpulan film) terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan diskusi bersama mereka yang dibalik layar secara langsung.  

Menurut Ravein, program open submission yang telah dilaksanakan dari tanggal 26 Januari sampai dengan 1 April 2018 kemarin PARFIM berhasil menerima 246 karya film dari berbagai daerah di Indonesia. Nantinya karya-karya tersebut akan diseleksi oleh panitia menjadi 20 film, dengan melibatkan sineas lokal jogja sebagai kurator filmnya. Proses kurasi film dilaksanakan secara tertutup oleh panitia. Tidak disebutkan siapa yang  menjadi kurator di acara tersebut, hasil dari kurasi tersebut nanti akan diumumkan melalui akun instagram forum film mmtc yaitu @forumfilmmmtc. 

Dokumentasi saat Roadshow di SMK BOPKRI 1 (25/02/2018) Arsip PARFIM

PARFIM juga mengadakan kegiatan roadshow ke SMA/SMK di Jogja untuk mengenalkan kegiatan kepada siswa-siswi tersebut, serta memberikan informasi mengenai dunia perfilman dan memberikan semangat untuk terus berkarya membuat film-film yang bagus. SMA/SMK tersebut adalah SMK BOPKRI 1 Yogyakarta, SMA Budya Wacana, dan SMAN 4 Yogyakarta. Dalam acara tersebut juga terdapat acara utama yaitu acara dimana dilaksanakan pemutaran film layar lebar dari film maker profesional,  dan akan dilaksanakan diskusi pula sehingga para film maker pemula dapat belajar langsung dengan mereka. Ravien juga mengajak kepada siapa saja yang tertarik untuk mengikuti kegiatan PARFIM #5 ini untuk datang ke Auditorium MMTC pada 11 sampai 13 Mei  mendatang. 

Kegiatan apresiasi film yang seperti inilah yang harus didukung oleh masyarakat, jadi kita bukan saja menikmati karya-karya film Hollywood atau luar negeri lainnya tetapi kita juga harus mengapresiasi karya dari teman-teman kita sendiri. Perlu diketahui bahwa open submission yang diselengarkan PARFIM tersebut gratis tidak dipungut biaya apapun. 

Comments

Popular posts from this blog

Analisis Berita Berdasarkan News Value

Jangan Meremehkan Public Relation, Beginilah Pentingnya Fungsi dan Peran PR