Review Film "State of Play"

poster film

Satrio Bertugas – Film State of Play (2009) yang disutradarai oleh Kevin Mcdonald merupakan sebuah film dengan genre thriller politic dikemas secara epik oleh Universal Studios sehingga menjadi film yang sangat direkomendasikan untuk ditonton. Film yang dibintangi oleh Russel Crowe tersebut memuat jalan cerita yang sangat menarik, dimana posisi dia menjadi Call Mcaffey sukses membuat jenis film yang menceritakan tentang kehidupan jurnalistik di sebuah kantor berita di Amerika, yaitu Washington Globe.

Stephen Collins seorang anggota konggres yang diperankan oleh Ben Affleck mendapati sebuah permasalahan dimana asisten penelitiannya mendadak meninggal, yaitu Sonia Baker. Asisten tersebut ternyata juga memiliki hubungan spesial dengan Collins, sehingga kepergiannya sangat memberikan efek duka bagi dia, dan tidak bisa ditutup-tutupi.

Pada saat itu juga konggres akan memberikan keputusan kepada perusahaan swasta militer untuk memulai kontrak dengan pemerintah, dimana perusahaan tersebut (PointCorp) di duga turut serta menjadi otak atas terjadinya pembunuhan beberapa orang pada belakangan hari tersebut.
Cal McAffey dihadapkan pada posisi yang baik namun juga sulit, Collins yang merupakan teman satu kamar sewaktu bersekolah menjadikannya dekat dengan dia sehingga dia dapat memperoleh informasi dengan mudah. Namun juga dia dihadapkan dengan posisi seorang sahabat, dimana dia harus bisa menjadi sahabat yang dapat mendengar kisah Collin dan juga untuk pekerjaanya.
Dengan dibantu jurnalis muda bernama Della Frye, Cal memulai aksi investigasinya untuk memecahkan masalah tersebut. Dengan segala bukti dan petunjuk-petunjuk yang begitu kompleks dan rumit, Cal Mcaffey menemukan kenyataan pahit bahwa temannya sendiri Stephen Collins lah yang merupakan dalang dari semua itu.

Sebagai film yang memuat tentang kehidupan jurnalisme, alur cerita yang ada dalam film tersebut juga memuat elemen-elemen Jurnalisme yang dikemukakan oleh Bill Kovach. Elemen jurnalisme tersebut adalah,


  1. Kewajiban pertama jurnalisme adalah pada kebenaran
  2. Loyalitas pertama jurnalisme adalah kepada warga (citizens)
  3. Esensi jurnalisme adalah disiplin verifikasi
  4. Jurnalis harus menjaga independensi dari obyek liputannya
  5. Jurnalisme harus bertindak sebagai pemantau independen kekekuasaaan (sebagai watch dog)
  6. Jurnalisme harus menyediakan forum bagi publik untuk komentar, kritik, dan kompromi publik
  7. Jurnalis harus berusaha membuat hal penting menjadi menarik dan relevan.
  8. Jurnalis harus menjaga agar beritanya komrehensif dan proporsional
  9. Jurnalis berkewajiban untuk mengikuti hati nurani mereka.


Nah, saya akan menjabarkan elemen-elemen yang bersangkutan dalam film tersebut.
Kewajiban pertama jurnalisme adalah pada kebenaran : Cal Mcaffey selalu menjunjung tinggi kebenaran, terbukti bahwa pada menit 01:14:53. Koran lain menampilkan berita tentang sahabat Sonia baker karena dia tahu dan mengumbar tentang Sonia Baker, menurut Cal dia itu hanya menumpang eksis karena kasus kematian temannya. Walaupun dengan tekanan dari bosnya, dia tetap melanjutkan kasusnya demi sebuah kebenaran. Bukan hanya semata-mata untuk mencari uang.

Kemudian yang kedua, loyalitas pertama jurnalisme adalah kepada warga (citizens) : Cal Mcaffey menempatkan dirinya sebagai wakil dari citizen, penyelesaian skandal tersebut terlihat begitu nyata bahwa kebohongan-kebohongan yang terjadi untuk menggiring opini citizen, hingga cal macaffey dapat mengungakapnya.

Selanjutnya yang ketiga, esensi jurnalisme adalah disiplin verifikasi, Cal mcaffey melakukan verifikasi data dan kecocokan dalam setiap langkahnya. Seperti halnya saat dia meminta mengecek data sonia baker apakah dia menggunakan narkoba, karena sebelumnya terdapat bandar narkoba yang terbunuh dan ia mencuri tas dan ternyata di dalamnya terdapat rincian misi pembunuhan kepada sonia baker. Kemudian dimana dia juga memeriksa CCTV yang ada di stasiun untuk melihat rekaman detik-detik Sonia Baker tewas.

Yang keempat, jurnalis harus menjaga independensi dari obyek liputannya, CalMcaffey benar-benar menjaga independensi dia. Dia tidak condong ke Collin sebagai temannya, atau condong ke istri collin yang notabennya dia telah menidurinya, dan bukan juga condong kepada atasannya yang menginginkan dia mencari berita-berita yang hanya sekadar ramai dipasaran guna meningkatkan jumlah oplah. Namun dia menjaga jatidiri sebagai jurnalistik yang independen.

Yang kelima, jurnalisme harus bertindak sebagai pemantau independen kekekuasaaan (sebagai watch dog), dalam film ini terlihat sekali bagaimana fungsi watch dog Cal Mcaffey dalam menyelidiki kasus ini, dimana PointCorp yang mengingkan kontark senilai milyaran dollar amerika dengan keputusan dewan konggres pemerintah.

Yang keenam, jurnalisme harus menyediakan forum bagi publik untuk komentar, kritik, dan kompromi publik, dalam film ini elemen jurnalisme ini saya tidak menemukan hal tersebut.

Yang ketujuh, jurnalisme harus berusaha membuat hal penting menjadi menarik dan relevan. Secara eksplisit tidak diceritakan bagaimana Cal Mcaffey  menuliskan berita yang dituliskannya. Namun dengan alur cerita yang sedemikian rupa, membuat hal tersebut menjadi berita yang memang penting dan sangat menarik untuk disimak.

Elemen kedelapan, jurnalis harus menjaga agar beritanya komrehensif dan proporsional artinya harus dapat dipertanggung jawabkan isinya pada fakta dan data yang ada. Jelas Cal Mcaffey dia benar-benar menulis dan melaporkan yang ada, sesuai yang ditemukannya.

Elemen terakhir, jurnalis berkewajiban untuk mengikuti hati nurani mereka. Cal Mcaffey telah mengikuti hati nuraninya, kalau tidak dia pasti sudah mengikuti perintah bossnya saja ataupun malah ikut untuk condong kepada temannya Stephen Collins yang ternyata malah salah.

Comments

Popular posts from this blog

Analisis Berita Berdasarkan News Value

Parade Film MMTC Kelima Kembali di Gelar, Event Apresiasi Film Alternatif MMTC

Jangan Meremehkan Public Relation, Beginilah Pentingnya Fungsi dan Peran PR